Contextual Teaching and Learning (CTL) Learning Model as an Effort to Improve Student Learning Outcomes

Main Article Content

Muhammad Permadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan kajian pustaka sistematis. Data dikumpulkan dari lima artikel penelitian yang diterbitkan antara tahun 2019 dan 2024, yang secara khusus membahas penerapan model CTL pada berbagai jenjang pendidikan dan mata pelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan CTL berdampak signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Selain itu, CTL terbukti dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa dalam pembelajaran, serta mendukung pengembangan berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah. Penerapan strategi ini memerlukan keterkaitan konten pendidikan dengan konteks kehidupan nyata, memanfaatkan perangkat pembelajaran, dan menumbuhkan lingkungan belajar yang interaktif dan kolaboratif. Namun, keberhasilan penerapan CTL sangat bergantung pada kesiapan pendidik dalam merancang dan memfasilitasi pembelajaran kontekstual. Oleh karena itu, CTL dapat berfungsi sebagai strategi alternatif dalam pembelajaran yang tidak hanya menekankan pada hasil akademik, tetapi juga pengembangan karakter dan kompetensi

Article Details

How to Cite
Contextual Teaching and Learning (CTL) Learning Model as an Effort to Improve Student Learning Outcomes. (2025). Al Mudzakarah, 2(1), 31-43. https://jurnal.iaipigarut.ac.id/jis/article/view/46
Section
Articles

How to Cite

Contextual Teaching and Learning (CTL) Learning Model as an Effort to Improve Student Learning Outcomes. (2025). Al Mudzakarah, 2(1), 31-43. https://jurnal.iaipigarut.ac.id/jis/article/view/46