SISI LAIN DEVIASI-RELIGIUS PESANTREN Analisis Persepsi dan Perilaku Santri Putra-Putri Mengenai Ghasab dan Kepemilikan Bersama

Main Article Content

Heri Mulyadi
Irfan Taufik
Jamaludin
Kadar Muttakin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Sisi Lain Deviasi-Religius Pesantren Di Kabupaten Garut dengan fokus analisis pada persepsi dan perilaku santri putra-putri mengenai ghasab dan kepemilikan bersama. Penelitian dilakukan di empat lembaga pendidikan pesantren di kabupaten Garut yaitu Pesantren Persis Tarogong, Pondok Pesantren Musyadadiyyah, Ma’had Darul Arqam, dan Pondok Pesantren Qurrata ‘Ayyun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriftif dengan melibatkan responden 2392 orang dengan responden partisipatif berjumlah 367 orang. Teknik pengambilan sampel menggunkan purposive sampling. Adapun pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa antara persepsi dan perilaku ghasab di pesantren teridentifikasi tidak berbanding lurus. Mayoritas santri memahami makna, hukum dan konsekuensi ghasab. Namun demikian perilaku ghasab merupakan sesuatu hal yang biasa terjadi di lingkungan pesantren. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa pendidikan yang berbasis asrama mengalami deviasi religius meskipun secara pemahaman santri memiliki persepsi yang sama tentang hukum asal  ghasab yaitu haram atau dzalim. Faktor yang mendorong perilaku ghasab disebabkan oleh kebutuhan mendesak sehingga terpaksa melakukan ghasab. Dalam hukum Islam dikategorikan dalam qawaid fiqhiyyah sebagai urf atau al-adatu al-muhakkamatun dan dapat dijadikan sebagai dalil hukum. Melalui edukasi dan penyediaan sarana dan prasarana sebagai kepemilikan bersama yang memadai serta upaya kuratif yang tegas sebagai solusi dalam mengurangi tindakan ghsab.

Article Details

How to Cite
SISI LAIN DEVIASI-RELIGIUS PESANTREN: Analisis Persepsi dan Perilaku Santri Putra-Putri Mengenai Ghasab dan Kepemilikan Bersama. (2025). Al-Mutafaqqih : Journal of Islamic Education, 1(1), 29-44. https://jurnal.iaipigarut.ac.id/tfqh/article/view/16
Section
Articles

How to Cite

SISI LAIN DEVIASI-RELIGIUS PESANTREN: Analisis Persepsi dan Perilaku Santri Putra-Putri Mengenai Ghasab dan Kepemilikan Bersama. (2025). Al-Mutafaqqih : Journal of Islamic Education, 1(1), 29-44. https://jurnal.iaipigarut.ac.id/tfqh/article/view/16

References

Al-Jazairi, Abu Bakar Jabir. (2014). Minhajul Muslim: Pedoman Hidup Seorang Muslim, (Jakarta, Ummul Quran), Cet 1.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, (Yogyakarta: Rineka Cipta), Cet. ke-1.

Azra, Azyumardi. (2004). The Origins of Islamic Reformism in Southeast Asia." (University of Hawaii Press).

Bawani, Imam. (1993) Tradisionalisme Dalam Pendidikan Islam, (Surabaya: Al-Ikhlas).

Darmawan (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya).

Dhofier, Zamakhsyari. (1982) Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai, (Jakarta: LP3ES).

Ernawati dan Erwan Baharudin. (2018). Peningkatan Kesadaran Santri terhadap Perilaku Ghasab dan Pemaknaannya dalam Hukum Islam dan Hukum Positif, Jurnal Abdimas Volume 4 Nomor 2, Maret 2018.

I Etikan, S. A Musa, R. S. Alkassim. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics).

Koentjaraningrat, Pengantar Ilmu Antropologi. (2015) (Jakarta, Rineka Cipta), Cet. Ke-10.

L. A Palinkas., S. M Horwitz. (2015) Purposeful Sampling for Qualitative Data Collection and Analysis in Mixed Method Implementation Research. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research)

Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Islam: Suatu Kajian Tentang Unsur Dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, (Jakarta: INIS).

Mubarok. (2019). Abu Hazim Fiqh Idola Terjemah Fathul Qarib (Kediri: Mu’jizat).

Ramayulis. (2007). Psikologi Agama, (Jakarta: Kalam Mulia), Cet. 8.

Rakhmat Jalaluddin. (2011). Psikologi Komunikasi, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).

Razzaq Bulatanias Muhammad Nuralim dkk. (2023). Dinamika Perilaku Ghasab di Pesantren, Jurnal Al-Nadhairissn Evolume 2 Nomor 1 2023.

Saleh Abdul Rahman. (2004). Psikologi: Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam, (Jakarta: Kencana).

Sumanto. (2014). Psikologi Umum, (Yogyakarta: CAPS).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta) Cet. ke-12.

Thohhir. (2015). Khaulani Ahmad, Ghasab di Pondok Pesantren Darun Najah (TinjauanPendidikan Akhlak), Semarang: UIN Walisongo).

Wahyudi Iwan. (2008). Budaya Ghasab Di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Muhsin Condong Catur, Depok, Sleman (Tinjauan Pendidikan Akhlak,) Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Zahara, Mila Nabila dkk. (2018). Tinjauan Sosiologis Fenomena Ghasab Di Lingkungan Pesantren Dalam Perspektif Penyimpangan Sosial Jurnal Sosietas, Vol. 8, No. 1, 2018 .