EFEKTIVITAS PERMAINAN "SIMON SAYS" DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI SISWA DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Main Article Content

Monisa Silpa Asari
Yanti Sam Amir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi siswa kelas IV SD Negeri 3 Sawarna melalui permainan Simon Says. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan ini efektif meningkatkan konsentrasi siswa serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif. Dalam perspektif Islam, pembelajaran yang menyenangkan dan menumbuhkan disiplin berkaitan erat dengan konsep ta’dib, yang menekankan pentingnya pembentukan adab dan keteraturan dalam menuntut ilmu. Pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Islam mendorong siswa untuk belajar dengan penuh kesadaran dan fokus, sebagaimana dianjurkan dalam Al-Qur'an dan hadis Rasulullah SAW.

Article Details

How to Cite
EFEKTIVITAS PERMAINAN "SIMON SAYS" DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI SISWA DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. (2025). Al-Mutafaqqih : Journal of Islamic Education, 1(1), 45-52. https://jurnal.iaipigarut.ac.id/tfqh/article/view/14
Section
Articles

How to Cite

EFEKTIVITAS PERMAINAN "SIMON SAYS" DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI SISWA DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. (2025). Al-Mutafaqqih : Journal of Islamic Education, 1(1), 45-52. https://jurnal.iaipigarut.ac.id/tfqh/article/view/14

References

Ade Husnul Khotimah, Dadan Djuanda, Dadang Kurnia. (2016). Keterampilan Membaca Cepat Dalam Menemukan Gagasan Utama. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1), 342. ISSN: 2540-9174.

Anitah, W. Sri. (2020). Materi Pokok Strategi Pembelajaran Di SD; 1-12; PDGK4105/ 4 Sks/. Cet 29; Ed.1. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka., 614 hal; ill. 21 cm. ISBN: 979-011-094-4.

Darmansyah. (2010). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. PT Bumi Aksara.

F. M. Hodgson. (1960). Learning Modern Languages. Diakses melalui https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/16/140153269/pengertianmembaca-menurut-para-ahli]

Harras, et al. (2007). Membaca 1: Buku Materi Pokok Modul 1-6. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mulyana 2013. Pendidikan Pencak Silat: Membangun Jatidiri dan Karakter Bangsa. CV. Remaja Rosdakarya.

Solchan T. W. Dkk. (2023). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. PDGK4204/Edisi 2. Modul 6. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. ISBN: 978-623-3192-217-7.

Santrock. (2007). Perkembangan Anak. Erlangga.

Susanto (2017). Pendidikan Ekologi: Konservasi Sumberdaya Hayati. UM Purwokerto Press.

Sukri dan Purwanti. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Brain Gym. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, Volume 1, Nomor 1, hal. 50-57.

Wardani, I. G. A. K. (2019). Materi Pokok Penelitian Tindakan Kelas; 1-6; IDIK4008 /2Sks/. Cet 28; Ed.1. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka., 301 hal; 6 modul; 21 cm. ISBN: 978-602-392-239-0.