KONSEP PENDIDIKAN ADAB ABU HASAN AL-MAWARDI
Main Article Content
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pemikiaran Abu Hasan al-Mawardi di mana beliau merupakan ‘ulama sekaligus pejabat yang hidup pada zaman Khalifah Al-Qǎim Biamrillǎh Dinasti Abbasyiyyah pada 429 H./ 1037 M sebagai qǎdhî (Mahkamah Agung). Beliau sangat perhatian pula pada masalah pendidikan dan sosial dengan pelbagai kitab yang beliau karang seperti kitab Adab al-Dunya wa al-Din. Pada masalah problem pendidikan sangat bermasalah sehingga membutuhkan solusi untuk menuntaskan. Di antara problem serius adalah masalah adab. Karena itu pula beliau menyusun kitab tersebut sebagai jawaban persoalan pendidikan dan sosial yang beliau hadapi. Penelitian ini berangkat dari persoalan adab yang dikemukakan Abu Hasan al-Mawardi untuk ditarik benang merahnya agar menjadi pelajaran dan i’tibar pendidikan masa sekarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif analisa konten. Dari artikel ini disimpulkan bahwa menurut al-Mawardi problem pendidikan bermula dari persoalan ilmu dan adab sehingga menurut beliau hendaknya kita menjunjung tinggi kedudukan ilmu dan menempatkannya pada posisi yang utama sebagai adab terhadap ilmu. Persoalan penting lainnya adalah menjauhkan hawa nafsu dalam aktivitas ilmiah.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
How to Cite
References
Abu Hasan al-Mawardi, Adab al-Dunya wa al-Din, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1987.
Adian Husaini, Ph.D., Tantangan Pemikiran Islam Kontemporer, Bahan-bahan Kuliah di Program Pendidikan dan Pemikiran Pasca Sarjana UIKA Bogor, 2008.
Ahmad Tafsir, Prof. Dr., Filsafat Umum; Akal dan Hati Sejak Thales Sampai Capra, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.
Ahmad Tafsir, Prof. Dr., Filsafat Umum; Akal dan Hati Sejak Thales Sampai Capra, Bandung: Rosdakarya, 2003.
Hasan Langgulung, Prof. Dr., Manusia dan Pendidikan; Suatu Analisa Psikologi, Filsafat, dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka Al Husna Baru, 2004.
Ibn Majah, Sunan Ibn Majah, Beirut: Dar al-Fikr, Vol. I.
Institute Pemikiran Islam dan Pembangunan Islam, Islǎm dan Sekularisme, Bandung: PIMPIN, 2010.
Jasa Ungguh Muliawan, Epistemologi Pendidikan, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2008,
Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2009.
Jurnal Penelitian Agama (JPA) Vol. 9, No. 2, edisi Juli-Des 2008.
Karsidjo Djowosuwarno, Islam dan Sekularisme SMN Al-Attas, Bandung: Penerbit Pustaka, 1981.
Khamami Zada, Membebaskan Pendidikan Islam: Dari Eksklusif Menuju Inklusif dan Pluralisme, Jurnal Tashwirul Afkar, edisi No. 11 tahun 2001.
Kurshid Ahmad, pengantar Umer Chapra, Muslim Civilazion: The Cause of Decline and The Need to Reform, The Islamic Foundation,2007, hlm. xii
M. Bahrul Ulum, http://digilib.sunan-ampel.ac.id diakses Sabtu, 12 February 2011.
Mohd Nor Wan Daud, Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib al-Attas, Mizan: Bandung, 2003.
Muhammad ibn Shalih al-‘Utsaimin, Kitǎb Al-Ilmi, Semarang: Maktabah Nur al-Huda, t.th.
Muhammad Mushthafa al-‘Azami, Prof. Dr., The History of Qur’anic Text From Revelation to Compilation, [terj. Dr. Sohirin Solihin, dkk], Jakarta: Gema Insani, 2005.
Syaikh Ibrahim ibn Isma’il, Syarh Ta’lĩm al-Muta’allim, Jakarta: Dar al-Kutub al-Islamiyyah, 2007.
Syaikh Taqiyuddin Ahmad ibn Abd al-Halim ibn Taimiyyah, Dǎr` al-Ta’ǎrudh, Vol. I (dalam Maktabah Syâmilah)
Syamsuddin Arif, Ph.D., Orientalis dan Diabolisme Pemikiran, Jakarta: Gema Insani.
Syed Muhammad Naquib al-Attas, Prof. Ph.D., Islam dan Sekularisme, Bandung: PIMPIN, 2010.
Syed Muhammad Naquib al-Attas, Prof., Ph.D, Konsep Pendidikan Islam, Bandung: Mizan, 1990.
Yusuf al-Qaradhawi, Dr., Mauqif Islâm min al-Ilhâm wa al-Kasyf wa ar-Ra’y wa min al-Tamâ`im wa al-Kahânah wa al-Ruqâ`, [terj. Hermansyah], Jakarta: Bina Tsaqafah, 1997.